Pengembangan Kurikulum Keagamaan di Pesantren Sunan Kalijogo Surabaya

Authors

  • Abdul Basith STAI Al Fithrah Surabaya
  • Iksan Kamil Sahri Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/joies.2022.7.1.1-24

Keywords:

pesantren, Pesantren Kalijogo, Pengembangan Kurikulum

Abstract

Sebagai lembaga pendidikan Islam asli Indonesia, pondok pesantren sudah menunjukkan keberhasilan dalam menjaga eksistensi diri. Sejak zaman sebelum merdeka sampai orde reformasi, pesantren semakin diakui keberadaanya dalam perundang-undangan Indonesia, terutama terkait pendidikan. Dalam sejarahnya, keterkaitan langsung antara lingkungan pesantren, keluarga dan masyarakat bahkan dengan negara telah berlangsung selama kurang lebih empat abad. Hal yang kemudian diperlukan oleh pesantren adalah merumuskan kurikulum yang jelas dan mampu melingkupi semua bentuk dan lingkungan pendidikan. Lalu bagaimanakah sebuah pesantren merumuskan desain kurikulumnya? Untuk menjawab hal tersebut, peneliti melakukan penelitian dipesantren Sunan Kalijogo Surabaya. Tulisan ini membahas seluruh unsur pengembangan kurikulum di pesantren. Hasil penelitian ini adalah pesantren Sunan Kalijogo Surabaya mengembangkan kurikulum keagamaannya dengan melakukan beberapa langkah-langkah terencana, yaitu mengupayakan pengembangan kurikulum keagamaan dengan mempertimbangkan landasan filosofi, psikologi, sosiologi, dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, prinsip fleksibilitas, relevansi dan kontinuitas, menggunakan pendekatan akademis dan humanistik, mengupayakan pengembangan pada komponen-komponen kurikulum. Hal ini berimplikasi pada pada peningkatan kualitas kurikulum pesantren sehingga dapat terus menarik minat masyarakat dan mampu bersaing dengan pesantren lain dan lembaga pendidikan lainnya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Zainal, Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013

Azra, Azyumardi, Esei-esei Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu,1998

Dhofier, Zamakhsyari, Tradisi Pesantren: Studi Pandangan Hidup Kiai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia, Jakarta: LP3S, 2011

Drajat, Zakiyah, Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara,2006

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008

Madjid, Nurkholish, Bilik-Bilik Pesantren Sebuah Potret Perjalanan, Jakarta: Paramadina, 1997

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2009

Sahri, Iksan Kamil “IDEOLOGI DAMAI KAUM SANTRI: Studi atas Narasi Kurikulum Pesantren Salaf” Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies) Vol. 6 No. 1 (2018); 85-106.

Yunus, Mahmud, Pendidikan dan Pengajaran, Jakarta: Hidakarya Agung,1990

Downloads

Published

2022-07-12

How to Cite

Basith, Abdul, and Iksan Kamil Sahri. “Pengembangan Kurikulum Keagamaan Di Pesantren Sunan Kalijogo Surabaya”. JOIES (Journal of Islamic Education Studies) 7, no. 1 (July 12, 2022): 1–24. Accessed December 8, 2022. http://jurnalpps.uinsby.ac.id/index.php/joies/article/view/164.

Issue

Section

Articles