Pengembangan Kurikulum Keagamaan di Pesantren Sunan Kalijogo Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.15642/joies.2022.7.1.1-24Keywords:
pesantren, Pesantren Kalijogo, Pengembangan KurikulumAbstract
Sebagai lembaga pendidikan Islam asli Indonesia, pondok pesantren sudah menunjukkan keberhasilan dalam menjaga eksistensi diri. Sejak zaman sebelum merdeka sampai orde reformasi, pesantren semakin diakui keberadaanya dalam perundang-undangan Indonesia, terutama terkait pendidikan. Dalam sejarahnya, keterkaitan langsung antara lingkungan pesantren, keluarga dan masyarakat bahkan dengan negara telah berlangsung selama kurang lebih empat abad. Hal yang kemudian diperlukan oleh pesantren adalah merumuskan kurikulum yang jelas dan mampu melingkupi semua bentuk dan lingkungan pendidikan. Lalu bagaimanakah sebuah pesantren merumuskan desain kurikulumnya? Untuk menjawab hal tersebut, peneliti melakukan penelitian dipesantren Sunan Kalijogo Surabaya. Tulisan ini membahas seluruh unsur pengembangan kurikulum di pesantren. Hasil penelitian ini adalah pesantren Sunan Kalijogo Surabaya mengembangkan kurikulum keagamaannya dengan melakukan beberapa langkah-langkah terencana, yaitu mengupayakan pengembangan kurikulum keagamaan dengan mempertimbangkan landasan filosofi, psikologi, sosiologi, dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, prinsip fleksibilitas, relevansi dan kontinuitas, menggunakan pendekatan akademis dan humanistik, mengupayakan pengembangan pada komponen-komponen kurikulum. Hal ini berimplikasi pada pada peningkatan kualitas kurikulum pesantren sehingga dapat terus menarik minat masyarakat dan mampu bersaing dengan pesantren lain dan lembaga pendidikan lainnya
Downloads
References
Arifin, Zainal, Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013
Azra, Azyumardi, Esei-esei Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu,1998
Dhofier, Zamakhsyari, Tradisi Pesantren: Studi Pandangan Hidup Kiai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia, Jakarta: LP3S, 2011
Drajat, Zakiyah, Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara,2006
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008
Madjid, Nurkholish, Bilik-Bilik Pesantren Sebuah Potret Perjalanan, Jakarta: Paramadina, 1997
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2009
Sahri, Iksan Kamil “IDEOLOGI DAMAI KAUM SANTRI: Studi atas Narasi Kurikulum Pesantren Salaf” Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies) Vol. 6 No. 1 (2018); 85-106.
Yunus, Mahmud, Pendidikan dan Pengajaran, Jakarta: Hidakarya Agung,1990
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Abdul Basith, Iksan Kamil Sahri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.