Manajemen Kelas Konstruktivistik dalam Menunjang Pendidikan saat Pandemi:

Studi Kasus di Madrasah Diniyah Miftahul Huda Senjayan Kedungglugu Gondang Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021

Authors

  • Supriyanto SMKN 1 Gondang

DOI:

https://doi.org/10.15642/joies.2022.7.1.67-94

Keywords:

Manajemen kelas konstruktif, pandemi, Madin Miftahul Huda Senjayan

Abstract

Kondisi pandemi menyulitkan banyak pihak, tak terkecuali para pengelola pendidikan. Di Madrasah Diniyah Miftahul Huda Senjayan Nganjuk memiliki strategi khusus untuk menanggulangi masalah ini. Penelitian ini menggunakan kajian lapangan (field reseach)-kualitatif yang bertempat di Madrasah Diniyah Miftahul Huda Senjayan Kedungglugu Gondang Nganjuk. Pendekatan kajian ini adalah pengelolaan kelas konstruktivistik. Hasil penelitian ini adalah: Pertama, Pembelajaran dilakukan secara biasa (tatap muka) dengan hasil musyawarh dari yayasan, ustadz-ustadzah, wali santri dan masyarakat. Kedua, tetap menggunakan RPP dan kartu ngaji seperti biasanya. Ketiga, tempat belajar dilakukan secara fleksibel, yaitu kapasitas kelas dikurangi 50 % dari biasanya dan kekurangan kelas itu ditempatkan di mushala atau datang ke rumah gurunya. Keempat, tidak ada pengurangan jam pelajaran atau penambahan. Kelima, semua menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, cek suhu badan, dan handsanitizer. Kelima, jika ada yang sakit tidak diperkenankan masuk. Evaluasi pembelajaran dalam kondisi ini yang paling ketat dilakukan adalah penerapan protokol kesehatan. Selain itu, evaluasi seperti biasanya juga masih berjalan dengan normal yaitu diadakan penilaian kemampuan siswa dengan stadar nilai A, B, C, dan D. Bagi yang memperoleh nilai A dan B boleh meneruskan ngajinya dan bagi yang memperoleh nilai C dan D harus mengulang kembali.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Rachman Shaleh, Panduan Pembelajaran. (Jakarta: MP3A, 2005), 3.

Bahrissalim dan Abdul Haris, Modul Strategi dan Model-model PAIKEM. (Jakarta: Kementerian Agama RI, 2011), 41.

Degeng, I.N.S. Mencari Paradigma baru Pemecahan Masalah Belajar. Pidato Pengukuhan Guru Besar IKIP Malang, 1998.

Departemen Agama RI, Pedoman Kelompok Kerja Takmiliyah (Jakarta: Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Direktorat Pendidikan Islam, 2007), 1.

Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahan (Jakarta: Pustaka Assalam, 2011), 582

Depdiknas, Kamus Bahasa Indonesia. (Jakarta: Depdiknas, 2008), 804.

Festiyed, Perubahan Paradigma Proses Pembelajaran Dalam Memberikan Layanan Profesional Berbasis Karakter.Semunar Nasional MIPA dan PMIPA IAIN Suthan Thaha Saifuddin Jambi 18- 20 Oktober 2013,1-2.

Kementerian Agama RI, Pedoman Manajemen dan Administrasi; Pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyah (Jakarta: Kementerian Agama RI, 2013.

Kementerian Agama RI, Pedoman Penyelenggaraan Madrasah Takmiliyah (Jakarta: Kementerian Agama RI, 2014.

Kompri, Manajemen Pendidikan 1, (Bandung: Alfabeta, 2015.

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.

Mastura dan Rustan Santaria. Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, Vol. 3, No. 2, Agustus 2020.

Matdio Siahaan. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, No. 1 Juli 2020.

Moch. Djahid, Penyelenggaraan Pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyah di Ponorogo. Mu addib, Vol.06 No.01 Januari-Juni 2016.

Muldiyana Nugraha, Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran, Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan. Vol. 4 No. 01, Juni 2018.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016. Standar Proses Pendidikan. (Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan).

Pusdiklat Kemendikbud RI. Surat Edaran Mendikbud No 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Tanggal 24 Maret 2020.

Suroso Abdussalam, Sistem Pendidikan Islam (Bekasi: Sukses Publishing, 2011), 30-31

Downloads

Published

2022-07-13

How to Cite

Supriyanto. “Manajemen Kelas Konstruktivistik Dalam Menunjang Pendidikan Saat Pandemi:: Studi Kasus Di Madrasah Diniyah Miftahul Huda Senjayan Kedungglugu Gondang Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021”. JOIES (Journal of Islamic Education Studies) 7, no. 1 (July 13, 2022): 67–94. Accessed December 8, 2022. http://jurnalpps.uinsby.ac.id/index.php/joies/article/view/174.

Issue

Section

Articles