Tuhfah Al Mawdud bi Ahkam al Mawlud: Seni Mendidik Anak ala Ibn Qayyim al Jauziyah

Authors

  • Zaini Tamin AR STAI YPBWI Surabaya
  • Moch. Kalam Mollah Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
  • Mo'tasim Mo'tasim STIT Al-Ibrohimy Bangkalan

DOI:

https://doi.org/10.15642/joies.2022.7.2.143-158

Keywords:

Ibn al Qayyim al Jauziyah, Pendidikan Anak, Pola Asuh, Nilai-nilai Tauhid, Pendidikan Akhlak

Abstract

“Seni mendidik anak”, sebagai sebuah istilah, mewakili urgensi pendidikan di lingkungan keluarga yang dilakukan oleh orang tua terhadap anak. Terbukti bahwa dalam lingkungan keluarga, anak memang memperoleh berbagai pengetahuan, pengalaman, aktivitas dan mendapatkan pengasuhan dari orang tua. Dalam tulisan ini akan dianalisis seni mendidik anak dalam pandangan Ibn al Qayyim al Jauziyah yang masih relevan dengan kehidupan saat ini. Penelitian pustaka ini menemukan bahwa, menurut Ibn al Qayyim, mendidik anak harus sejak dini, dimulai dengan memahami fitrah anak, pemberian ASI eksklusif, melatih berbicara, mengatur pola makan, hingga menanamkan pendidikan akhlak. Dari pendapat tersebut, dapat disarikan bahwa terdapat tiga pendekatan dalam mendidik anak: pertama, biologis, dilakukan dengan memandang anak sebagai untuk entitas yang tumbuh. Sehingga beberapa upaya dilakukan untuk menopang pertumbuhannya. Kedua, psikologis, meniscayakan bahwa anak adalah manusia yang berkembang. Itu sebabnya anak harus diberikan stimulus positif untuk perkembangannya. Ketiga, pendekatan teologis, yang merupakan pangkal dari dua pendekatan sebelumnya. Melalui pendekatan ini, setiap anak harus dikenalkan dengan tauhid, disinari dengan ajaran agama dan diajarkan nilai-nilai akhlak. Maka, mendidik anak tidaklah mudah, tidak seperti membalikkan telapak tangan. Ia membutuhkan proses yang harus dilalui secara bertahap, sinergis dan berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Muhammad. “Pendidikan Prenatal: Telaah Pemikiran Ibn Qayyim Al-Jauziyah dalam Kitab Tuhfah Al-Maudud bi Ahkam Al-Maulud dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam”. al-Murabbi, Vol. 2, No. 2 (2017).

Alusi (al). Rûh al-Ma’âni. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, 1994.

Andalusi (al), Abdul Haq ibn At}iyah. Al-Muharrar al-Wajiz. ttp: Dar ibn Hazm, 1423.

Arikhah. “Reaktualisasi Pemikiran Ibn Qayyim Al-Jauziyyah dalam Pengembangan Tasawuf”. At-Taqaddum, No. 8, No. 1 (2016).

Burton, Christine B. et. al., “Early Childhood Intervention and Education: The Urgency of Professional Unification”. Topics in Early Childhood Special Education, Vol. 11, No. 4 (1992).

Hamzah, Ibn. Asbab al Wurud 3 Latar Belakang Historis Timbulnya Hadits-hadis Rasul.Jakarta: Kalam Mulia, 2008.

Jalil, Imam. Mukhtashar Tafsir Ibnu Kathir. Kairo: Dar al Sabuni, tth.

Jauziyah (al), Ibnu Qayyim. Ar-Ruh fi Al-Kalam ‘Ala Arwah Al-Amwat wa Al-Ahya bi Ad-Dalail min Al-Kitab wa As-Sunnah. Beirut: Darul Kutub al-‘Ilmiyah, 1975.

Jauziyah (al), Ibnu Qayyim. Ar-Ruh fi Al-Kalam ‘Ala Arwah Al-Amwat wa Al-Ahya bi Ad-Dalail min Al-Kitab wa Al-Sunnah. Beirut: Darul Kutub al-‘Ilmiyah, 1975.

Jauziyah (al), Ibnu Qayyim. Ighasatul Lahfan min Mashaa-idisy Syaithan, Ali Hasan Abdul Hamid (Ed). Beirut: Dar Ibn al Jauz, 2004.

Jauziyah (al), Ibnu Qayyim. Tuhfah al Mawdud bi Ahkam al Mawlud. Makkah: Dar al Alim al Fawaid, 1431 H.

Katsir, Ibn. Tafsîr al-Qur’ân al-‘Azhîm, III (Riyadh: Dar ‘Alam al-Kutub, 1997), 533.

Maraghi (al), Ahmad Musthafa. Tafsir Al-Maraghi. Semarang: Toha Putra, 1997.

Naisaburi (al), Abi Al-Husain Muslim ibn Al-Hajja>j Al-Qusairi. Sahi>h Musli>m. Beirut: Muassasah ar-Risalah, 1995.

Qurtuby (al). Tafsir al-Jami’il ahkam. Beirut Lebanon:Darul Fikr, 1415.

Rakhmat, Jalaludin. Reformasi Sufistik. Bandung: Pustaka Hidayah, 1999.

Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Mishbah. Jakarta Pusat: Lentera Hati, 2012.

Shihabuddin, Abi Fadl. Ru>h al Ma’ani> fi Tafsiri al-Qur’an al-Adzim, jilid I. Beirut: Da>r al Fikr, 2001.

Suyuti (al). ad-Durr al-Mantsûr fî at-Tafsîr al-Ma’tsûr, V. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, 1990.

Marui, Kiyoyasu. “The Role of the Parents in the Education of Children.” Psychiatry and Clinical Neurosciences 6, no. 3 (1952): 221–230.

Mustaqim, Abdul. “MODEL PENELITIAN TOKOH (Dalam Teori Dan Aplikasi).” Jurnal Studi Ilmu-ilmu Al-Qur’an dan Hadis 15, no. 2 (2016): 201.

Role, T H E, O F Development, O F Performance, Management Of, Services In, and Community Health. ( Library Research ). Vol. 3, 2021.

Weiss, Jennifer M. “Marital Preparation, Experiences, and Personal Qualities in a Qualitative Study of Individuals in Great Marriages” (2014): 140. http://digitalcommons.usu.edu/etd.

Ya’qub, Abi Thohir bin. Tanwir al Miqbas min Tafsi>r Ibnu Abbas (Beirut: Dar al Fikr, 1995.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

AR, Zaini Tamin, Moch. Kalam Mollah, and Mo’tasim Mo’tasim. “Tuhfah Al Mawdud Bi Ahkam Al Mawlud: Seni Mendidik Anak Ala Ibn Qayyim Al Jauziyah”. JOIES (Journal of Islamic Education Studies) 7, no. 2 (December 31, 2022): 143–158. Accessed March 29, 2024. https://jurnalpps.uinsby.ac.id/index.php/joies/article/view/227.

Issue

Section

Articles