Analisis Kebutuhan Buku Ajar Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam Berbasis Strategi Metakognitif

Authors

  • Mursyidah Roihana Waliyyul Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/joies.2022.7.1.25-32

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kebutuhan buku ajar mata kuliah Pendidikan Agama Islam berbasis strategi metakognitif dari perspektif mahasiswa S1 Sastra Inggris. Penelitian ini merupakan penelitian survei kebutuhan mahasiswa akan buku ajar perkuliahan berbasis strategi metakognitif. Data analisis kebutuhan buku ajar PAI berbasis strategi metakognitif dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa terkait kendala perkuliahan dan kebutuhan buku ajar dengan basis strategi metakognitif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Sastra Inggris FBS Unesa di mana pada perkuliahan semester Gasal 2021 sedang menempati semester 1 yang terdiri atas 2 kelas sebanyak 66 mahasiswa. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa buku ajar mata kuliah Pendidikan Agama Islam berbasis strategi metakognitif dari perspektif mahasiswa S1 Sastra Inggris sangat dibutuhkan dan perlu untuk segera didesain agar materi Pendidikan Agama Islam yang ada dapat diajarkan dengan strategi yang berbeda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afflerbach, P., and K. Meuwissen. Teaching and Learning Self-Assessment Strategies in Middle School, 2005.

Hamsia, W. “Strategi Metakognitif Untuk Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris.” ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 1, no. 2b (2018).

O’Malley, J. M., and A. U. Chamot. Learning Strategies in Second Language Acquisition. Cambridge: Cambridge University Press, 1990.

Thiagarajan, S., D. S. Semmel, and M. I. Semmel. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children, 1974.

Yasir, M. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Strategi Belajar Metakognitif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pewarisan Sifat Manusia.” BioEdu 2, no. 1 (2013): 77–83.

“Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 30 Tahun 1990,” 1990.

“Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 60 Tahun 1999,” 1999.

“Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003,” 2003.

“Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 1989,” 1989.

Downloads

Published

2022-07-12

How to Cite

Roihana Waliyyul, Mursyidah. “Analisis Kebutuhan Buku Ajar Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam Berbasis Strategi Metakognitif”. JOIES (Journal of Islamic Education Studies) 7, no. 1 (July 12, 2022): 25–32. Accessed April 19, 2024. https://jurnalpps.uinsby.ac.id/index.php/joies/article/view/94.

Issue

Section

Articles