Lansia Menyikapi Misinformasi

Bentuk, Strategi dan Upaya Penanggulangan Hoaks dalam Konteks Pemilu 2024 di Nusa Tenggara Barat

Authors

  • Nurliya Ni'matul Rohmah Universitas Muhammadiyah Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15642/jicos.2024.2.1.20-32

Keywords:

lansia, hoaks, literasi digital, komunikasi antar personal, pemilu 2024

Abstract

Peningkatan populasi penduduk Lansia di Indonesia, terutama di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), telah menciptakan dampak kompleks, termasuk dalam konteks teknologi digital. Lansia, sebagai kelompok yang rentan terhadap terpengaruh penyebaran misinformasi, khususnya selama Pemilu 2024. Dengan pertumbuhan akses lansia terhadap internet, kekurangan literasi digital dan pemahaman politik yang kurang dapat meningkatkan risiko penyebaran informasi palsu. Merespons fenomena tersebut, program literasi digital terfokus pada generasi muda, meninggalkan lansia terabaikan. Lansia, sebagai digital immigrant, sering menjadi korban penyalahgunaan perangkat digital dan kurangnya perlindungan terhadap privasi online. Penelitian menunjukkan bahwa mayoritas pelaku penyebar hoaks berusia di atas 45 tahun, juga berarti bahwa Lansia di NTB memiliki tingkat literasi digital rendah, meningkatkan rentan mereka terhadap penyebaran misinformasi. This study is kualitatif dengan menggunakan metode  study kasus pada peserta pelatihan Akademi Digital Lansia dan dianalisis melalui pendekatan Interaction-Adaptation Theory. Sedangkan  dalam pelatihan Akademi Digital Lansia menggunakan metode KAP (Komunikasi Antar Personal). Penelitian ini bertujuan memberikan kontribusi pada pengembangan strategi melindungi lansia dari dampak negatif misinformasi selama Pemilu 2024 di NTB melalui program-program yang memberdayakan lansia melalui workshop literasi digital berbasis riset. Temuan dalam study ini adalah bahwa Program Akademi Digital Lansia  sebagai strategi yang efektif dalam menyikapi misinformasi di kalangan Lansia yaitu telah memberikan pengetahuan, tetapi juga menciptakan pengalaman berkomunikasi yang positif, menunjukkan efek kognitif, afektif, dan konatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agnihotri, N. (2022). “Non-verbal communication”. In Promoting Consumer Engagement Through Emotional Branding and Sensory Marketing. https://doi.org/10.4018/978-1-6684-5897-6.ch0018

Akmaliah, W. (2019). “Kebenaran Yang Terbelah: Populisme Islam dan Disinformasi Politik Elektoral”. MAARIF, 14(1). https://doi.org/10.47651/mrf.v14i1.53

Arisanty, M., Wiradharma, G., Riady, Y., & Maulidia, S. (2021). “Pengujian Konstruk Motif Sikap Penerimaan dan Perilaku Membagikan Kembali Informasi Hoaks dalam Media Sosial”. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 25(2). https://doi.org/10.31445/jskm.2021.4366

Arndt, H., Ritter, B., Rybarski, A., Schiwitza, S., Dunai, T., & Nitsche, F. (2020). “Mirroring the effect of geological evolution: Protist divergence in the Atacama Desert”. Global and Planetary Change, 190. https://doi.org/10.1016/j.gloplacha.2020.103193

Azoulay, A. (2023). “Breaking the Mirror’ to Face Digital Convergence: The Role of Selective Mirroring in the Trade-Off between Value Creation and Capture Mechanisms”. Management (France), 26(3). https://doi.org/10.37725/mgmt.2023.7762

Badan Pusat Statistik. (2022). Statistik Penduduk Lanjut Usia 2022.

Budiono, N. D. P., & Rivai, A. (2021). “Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas hidup lansia”. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(2). https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.621

Burgoon, J. K., Dillman, L., & Stem, L. A. (1993). “Adaptation in Dyadic Interaction: Defining and Operationalizing Patterns of Reciprocity and Compensation”. Communication Theory, 3(4). https://doi.org/10.1111/j.1468-2885.1993.tb00076.x

Dewi Rayani; Dewi Nur Sukma Purqoti. (2020). “Kecemasan Keluarga Lansia Terhadap Berita Hoax di Masa Pandemi Covid-19”. Jurnal Realita, 5(1), 906–912.

Ebesu Hubbard, A. S. (2015). “Interaction Adaptation Theory”. In The International Encyclopedia of Interpersonal Communication. https://doi.org/10.1002/9781118540190.wbeic136

Febriansyah, F., & Muksin, N. N. (2020). “Fenomena Media Sosial: Antara Hoaks, Destruksi Demokrasi, Dan Ancaman Disintegrasi Bangsa”. Sebatik, 24(2). https://doi.org/10.46984/sebatik.v24i2.1091

Floyd, K., & Burgoon, J. K. (1999). “Reacting to nonverbal expressions of liking: A test of interaction adaptation theory”. Communication Monographs, 66(3). https://doi.org/10.1080/03637759909376475

GoodStats. (2023). Lansia indonesia makin melek internet. In GoodStats.

Ikhsan, M., Z, K., & Sofia, R. (2021). “Misinformasi, tantangan pandemi di era digital”. AVERROUS: Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan Malikussaleh, 7(2). https://doi.org/10.29103/averrous.v7i2.5432

Irham Akbar, M., & Rezza Fahlevvi, M. (2023). “Cegah Penyebaran Misinformasi di Media Sosial Menggunakan Peralatan dan Fitur Literasi Digital”. RENATA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Kita Semua, 1(1). https://doi.org/10.61124/1.renata.2

Kementerian Komunikasi dan Informatika. (2019). “Literasi Digital, Kerja Bersama Melawan Kepicisan”. KOMINFO: Sorotan Media.

Lampoltshammer, T. J., Zhu, Q., & Parycek, P. (2019). “Affective effect: Issue engagement on a youth e-participation platform”. EJournal of EDemocracy and Open Government, 11(1). https://doi.org/10.29379/jedem.v11i1.558

Le Poire, B. A., & Yoshimura, S. M. (1999). “The effects of expectancies and actual communication on nonverbal adaptation and communication outcomes: A test of interaction adaptation theory”. Communication Monographs, 66(1). https://doi.org/10.1080/03637759909376460

Lingard L, Reznick R, Espin S, Regehr, G. & D. I. (2002). “Team Communications in the Operating room: Talk patterns, Sites of Tension, and Implications for Novices”. Acad Med, 77(3), 232–237.

Madanih, R., & Purnamasari, O. (2021). “Hubungan Penggunaan Media Sosial Sebagai Alat Komunikasi Dengan Kebahagiaan Lanjut Usia Di Indonesia. Perspektif Komunikasi”: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik Dan Komunikasi Bisnis, 5(1). https://doi.org/10.24853/pk.5.1.99-109

Maloney, D., Freeman, G., & Wohn, D. Y. (2020). “Talking without a Voice”: Understanding Non-Verbal Communication in Social Virtual Reality”. Proceedings of the ACM on Human-Computer Interaction, 4(CSCW2). https://doi.org/10.1145/3415246

NTB BPS. (2022). Profil Lansia Prov NTB 2022.

Raudhoh, S., & Pramudiani, D. (2021). “Lansia Asik, Lansia Aktif, Lansia Poduktif”. Medical Dedication (Medic) : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat FKIK UNJA, 4(1). https://doi.org/10.22437/medicaldedication.v4i1.13458

Romadhan Bordasari Putra. (2023). Wawancara.

Sackeim, H. A., Prudic, J., Fuller, R., Keilp, J., Lavori, P. W., & Olfson, M. (2007). “The cognitive effects of electroconvulsive therapy in community settings”. Neuropsychopharmacology, 32(1). https://doi.org/10.1038/sj.npp.1301180

Satya, M. T., Karamoy, A. K., & Fidayan, A. (2021). “Effect of Cognitive, Afective, Conative and E-Satisfaction on Repurchase Intention”. Journal of Management, 11(2).

Sudomo. (2023). Wawancara.

Suyanto, F. D. (2017). “Pemberdayaan Lansia Melalui Usaha Ekonomi Produktif Oleh Bina Keluarga Lansia (BKL) Mugi Waras Di Kabupaten Sleman”. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat: Media Pemikiran Dan Dakwah Pembangunan, 1(1). https://doi.org/10.14421/jpm.2017.011-10

Tamika, Adiva Vanka & Rinawati, R. (2023). “Literasi Digital Lansia”. Bandung Conference Series: Public Relations, 3(2). https://doi.org/10.29313/bcspr.v3i2.9425

Taufiq Islah. (2023). Wawancara.

Tim Periksa Fakta Mafindo. (2023). Materi Periksa Fakta Mafindo.

Villagran, M., Goldsmith, J., Wittenberg-Lyles, E., & Baldwin, P. (2010). “Creating COMFORT: A Communication-based model for breaking bad news”. Communication Education, 59(3). https://doi.org/10.1080/03634521003624031

White, C. H. (2021). “Expectancy Violations Theory and Interaction Adaptation Theory: From Expectations to Interactions”. In Engaging Theories in Interpersonal Communication: Multiple Perspectives, 3rd Edition. https://doi.org/10.4324/9781003195511-14

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

Rohmah, N. N. (2024). Lansia Menyikapi Misinformasi: Bentuk, Strategi dan Upaya Penanggulangan Hoaks dalam Konteks Pemilu 2024 di Nusa Tenggara Barat. Journal of Islamic Communication Studies, 2(1), 20–32. https://doi.org/10.15642/jicos.2024.2.1.20-32

Issue

Section

Articles