SENI ARSITEKTUR ISLAM LOKAL : KAJIAN TERHADAP MASJID RAYA ULUL AL BAB UIN SUNAN AMPEL SURABAYA

Authors

  • Misbahul Munir UIN Sunan Ampel Surabaya

Keywords:

Masjid, Arsitektur Islam, Arsitektur Lokal

Abstract

Masjid merupakan tempat ibadah umat Islam dan menjadi tempat berkum­pu­l­nya umat Islam dalam melakukan serangkaian kegiatan baik belajar nilai-nilai keislama maupun belajar praktik keagamaan. Masjid dalam sejarah perkembangannya, bertran­sformasi dengan dipengaruhi oleh banyak budaya salah satunya dipengaruhi oleh budaya lokal Jawa. Adapun fokus kajian ini berupaya untuk menjelaskan proses pemaknaan terhadap arsitektur Islam lokal pada Masjid Raya Ulul Albab UIN Sunan Ampel Surabaya. Berdasarkan hal tersebut, maka pada kajian ini akan dibahas tentang sejarah pembangunan Masjid Raya Ulul Albab UIN Sunan Ampel Surabaya, tata ruang dan makna seni arsitektur Islam lokal pada Masjid Raya Ulul Albab UIN Sunan Ampel Surabaya.Metode kajian ini menggunakan metode kualitatif dengan didukung kajian kepustakaan yang berkaitan dengan topik kajian. Studi wawancara menjadi acuan dalam perolehan data kajian. Sehingga dapat menghasilkan sebuah pemahaman bahwa seni arsitektur Islam Lokal pada Masjid Raya Ulul Albab UIN Sunan Ampel mencakup pondasi tanah, atap Tajug dan tumpang, mustaka, serta bedug masjid. Semuanya merupakan salah satu seni arsitektur masjid Islam Jawa yang biasanya terdapat di masjid-masjid kuno. Seni-seni arsitektur Islam Lokal atau Jawa pada Masjid Raya Ulul Albab memiliki makna baik makna filosofi maupun makna terapan. Hal ini sejalan dengan filsafat Jawa yang mengusung nilai-nilai dalam simbol kebudayaan.

References

Al-Amri, Limyah dan Muhammad Haramain. “Akulturasi Islam dalam Budaya Lokal”, Kuriositas, Vol. 11, No. 2. Parepare: Desember, 2017.

Cahyandari, Gerarda Orbita Ida. “Tata Ruang dan Elemen Arsitektur Pada Rumah Jawa di Yogyakarta Sebagai Wujud Kateogori Pola Aktivitas Dalam Rumah Tangga”, Komposisi, Vol. 10, No. 2. Padang: Oktober, 2012.

Fikriani, Aulia. “ARSITEKTUR ISLAM: Seni Ruang dalam Peradaban Islam”, el-Harakah, Vol. 12, No. 3. Malang: 2010.

Hasim, Moh. “Makna Arsitektur Masjid Pakualam dalam Tinjauan Kosmologi Jawa”, Analisa, Vol. 18, No. 2. Bandung: Juli-Desember, 2011.

Kalsum, Umi. “Masjid Ulul Albab IAIN Sunan Ampel Surabaya (Studi Arsitektur)”. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: IAIN Sunan Ampel, 1997.

Katarina, Widya. “Studi Bentuk dan Elemen Arsitektur Masjid di Jakarta Dari Abad 18-Abad 20”, ComTech, No.2, Vol.3. Jakarta: Desember, 2012.

Keesing, Roger M. “Teori-Teori Tentang Budaya”, Jurnal Antropologi Indonesia, No. 52, Vol. 1. Jakarta: 1997.

Marwoto dan Elysa Wulandari. “Simbolisme Masjid Agung Demak”, Prosiding Seminar Heritage Ikatan Peneliti Lingkungan Binaan Indonesia (IPLBI). 2017.

Mas’ud, Imam. Penjelasan Pada Masjid Agung Gedhe Kota Yogyakarta, Pada Penelitian Lapangan di Yogyakarta, 2019.

Masyhudi. Penjelasan Arsitektur Masjid Makam Sunan Giri, Penelitian Lapangan Arkeologi Islam di Giri, 2019.

Miftah Farid Sanusi Abdullah, “Tafsir Kebudayaan Clifford Geertz”, dalam https://www.google.com/amp/s/www.kamposiana.com/amp/miftah07/tafsir-kebudayaan-clifford-geertz_565488e0137f6109109e3fc8, diakses pada tanggal 19 November 2019

MWP, Zein, dkk., Pembangunan Masjid Kampus IAIN Sunan Ampel Surabaya. Surabaya: Yayasan Pembina IAIN Sunan Ampel, 1990.

Nursito, Antonius Indro. “Perubahan Bentuk dan Tata Nilai Dalam Arsitektur Tradisional Jawa di Baluwarti Surakarta”. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret, 2005.

Rifa’i, Bahtiyar. Wawancara Dengan Koordinator Asrama Pusat Ma’had Al-Jamiah, pada tanggal 23 November 2019.

Sativa. “Arsitektur Islam atau Arsitektur Islami?”, NALARs, Vol. 10, No. 1. Jakarta: Januari, 2011.

Suharyani, Tri. “Bentuk dan Makna Simbolik Pada Arsitektur Masjid Kraton Saka Tunggal, Tamansari, Yogyakarta”. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2016.

Zainuri, Ahmad. “Integrasi Islam dan Budaya Lokal dalam Seni Arsitektur Masjid Kuno di Jawa: Sebuah Tinjauan Umum”, Heritage: Journal of Social Studies, Vol. 2, No. 2. Jember: Desember, 2020

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Munir, M. . (2023). SENI ARSITEKTUR ISLAM LOKAL : KAJIAN TERHADAP MASJID RAYA ULUL AL BAB UIN SUNAN AMPEL SURABAYA. Javano-Islamicus, 1(1), 1–13. Retrieved from https://jurnalpps.uinsby.ac.id/index.php/JJI/article/view/421

Issue

Section

Articles