MENELAAH PEMIKIRAN SOSROKARTONO TENTANG AJARAN MORAL

Authors

  • Muniri Muniri

Keywords:

Sosrokartono, ajaran moral, pemikiran sosrokartono

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keinginan penulis agar bapak Sosro­kar­tono yang merupakan saudara dari R.A.Kartini dapat dikenang. Sosrokartono merupakan seorang jenius yang berhasil menguasai 17 bahasa asing baik aktif maupun pasif pada masanya. Pada tahun 1899 Sosrokartono menjadi orang pertama yang berasal dari Indonesia yang berhasil berpidato di depan para ahli bahasa Belanda pada kongres bahasa di Gent tepatnya di ANV. Sosrokartono juga mengambil bagian sebagai perancang ADART di Indische Vereniging dan berhasil memberikan beberapa kontribusi. Dalam dunia pers, Sosrokartono pernah menjadi bagian dari majalah bendera Wolanda dan pada tahun 1917 menjadi koresponden The New York Herald. Di Bandung ia mendirikan perpustakaan dan rumah pengobatan bernama Darussalam. Tempat Sosrokartono mengabdikan hidupnya sampai kematiannya. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode penelitian sejarah. Tujuannya agar karya yang dihasilkan bisa objektif, bebas dari ikatan kelompok kepentingan, kebangsaan, ideologi, dan berbagai hal yang mungkin membuat tulisan ini menjadi subjektif. Berkaitan dengan hal tersebut, penulis menggunakan metode penelitian yang dikemukakan oleh Nugroho Notosusanto. Metode tersebut terdiri dari empat tahap. Empat tahapan yang dimaksud terdiri dari: dari: heuristik, verifikasi, interpretasi, historiografi.

References

Adisasmita, Ki Sumidi. Djiwa Besar Kaliber Internasional Drs. Sosrokartono Dengan Mono Perjuangannya Lahir-Batin Yang Murni. Yogyakarta: Paguyuban Trilogi, 1971.

Fuady, Tafrichul. “Konsep Manusia Paripurna Perspektif R. M. P. Sosrokartono.” UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 32–33 (2021).

Furchan, Arief. Studi Tokoh. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Habsy, Bakhrudin All. “Kajian Filosofis Ditengah Pandemi Covid-19 Berdasarkan ParadigmaKonseling Catur Murti.” Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri 7, no. 1 (2020): 19–29. https://doi.org/10.29407/nor.v7i1.14383.

———. Konseling Catur Murti Telusur Yang Tersurat Dan Tersirat Ajaran Adiluhur Raden Mas Panji Sosrokartono. Malang: Media Nusa Creative, 2022.

Muhibbuddin, Muhammad. R.M.P. Sosrokartono. Yogyakarta: Araska, 2019.

Mulyono. “NILAI-NILAI PEMBENTUK KARAKTER DALAM FILSAFAT SOSROKARTONO.” Sabda 11, no. 2 (2016): 7–15.

Priyanto, Hadi. Drs. Raden Mas Pandji Sosrokartono; Putra Indonesia Yang Besar. Semarang: Yayasan Kartini Indah, 2018.

Susetya, Anang. Drs. RMP Sosro Kartono Seorang Intelektuali Nasionalis Sprititualis. Yayasan Bina Lentera Insan, 2021.

Widyawati, Wiwien. Etika Jawa; Menggali Kebijaksanaan Dan Keutamaan Demi Ketentraman Hidup Lahir Batin,. Yogyakarta, 2010. Pura Pustaka.

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Muniri, M. (2023). MENELAAH PEMIKIRAN SOSROKARTONO TENTANG AJARAN MORAL. Javano-Islamicus, 1(1), 29–39. Retrieved from https://jurnalpps.uinsby.ac.id/index.php/JJI/article/view/423

Issue

Section

Articles