KONSEP SPIRITUAL DALAM SERAT WIRID HIDAYAT JATI RONGGOWARSITO

Authors

  • Ach. Fitri UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulung Agung

Keywords:

Spritual, Serat Wirid Hidayat jati, Ronggowarsito

Abstract

Penelitian ini bermula dari pemahaman bahwa mencapai kesempurnaan manusia melalui proses spiritual sangatlah sulit, terutama dalam konteks masyarakat modern. Dalam konteks ini, manusia diharapkan untuk dapat memandu diri mereka sendiri menuju perbaikan dan mendekatkan diri kepada Tuhan, sambil menjauhi kekeringan rohani akibat kurangnya nutrisi spiritual. Namun, Ronggowarsito, seorang filsuf Islam Jawa, menawarkan solusi dalam karyanya yang berjudul "Serat Wirid Hidayat Jati" untuk mengatasi tantangan kekeringan spiritual ini. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif analisis untuk memberikan gambaran yang jelas tentang konsep spiritual, termasuk jalan menuju Tuhan, pendekatan yang baik, ibadah, dan penyatuan dengan Allah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengabdi pada dimensi spiritual dapat membawa kedamaian dan mendekatkan diri kepada Allah, terlihat dari penguatan hubungan dengan hal-hal yang baik.

References

Burhanuddin, Yayat. “Wacana Baru Islam Jawa’, Book Review’ The Seen and Unseen Worlds in Java, Litelature and Islam in The Court of Pakubuwono II (1726-1749), KaryaM.C. Ricklefs”, Stidia Islamika, Vol. V, No. 2.

Hariwijaya, M. Islam Kejawen. Yogyakarta: Gelombang Pasang, 2006.

Imam S, Suwarni. Konsep Tuhan, Manusia, istik dalam berbagai Kebatinan Jawa. Jakarta: Grafindo Persada, 2005.

Lantip. Diktat Aliran Kepercayaan dan Kebatinan. Surabaya: Biro Penerbit dan Pengembangan Ilmiah Fakultas Ushuluddin IAIN Sunan Ampel, 1988.

Muslim, Moh. “Islam dan Kasustraan Jawa Telaah Kepustakaan Jawa Pada Masa Mataram”. Jurnal Bimas Islam. Vol. 11. No .1 (2018). https://repository.uinjkt.ac.id

Nasution, Hasimsyah. Filsafat Islam. Jakarta: Gaya Media Pratama, 2002.

Ramdansyah, Rangga.”Filsafat Ketuhanan Raden Ngabehi Ronggowarsito (Studi analisis Serat Wirid Hidayat Jati)”. IAIN Sunan Ampel, Surabaya, 2009.

Ranggawarsita, Komite. Babad Cariyos Lelamhanipun Suwargi. Jakarta: Depdikbud, 1979.

Ridwan. “Mistisisme Simbolik dalam Tradisi Islam Jawa”. Jurnal Islam dan Budaya Ibda’. No. 1. Januari – Juni, 2008.

Simuh. Mistik Islam Kejawen Raden Ngabehi Ranggawarsita: Suatu Studi Terhadap Serat Wirid Hidayat Jati. Jakarta: UI Press, 1988.

Shihab, Alwi. Islam Sufistik “Islam Pertama” Dan Pengaruhnya Hingga Kini Di Indonesia. Bandung: Mizan, 2001.

Shihab. Islam Sufistik. Jakarta: Kuning Mas, 1998.

Yasusastra, J. Syahban. Ronggowarsito Menjawab Takdir Sebuah Biografi Spiritual. Yogyakarta: Wangun Printika, 2008.

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Fitri, A. . (2023). KONSEP SPIRITUAL DALAM SERAT WIRID HIDAYAT JATI RONGGOWARSITO. Javano-Islamicus, 1(1), 40–50. Retrieved from https://jurnalpps.uinsby.ac.id/index.php/JJI/article/view/424

Issue

Section

Articles