Analisis Literatur Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Qur'an

Authors

  • Lalita Ni'mal Fajria Pondok Pesantren Walisongo Ngabar

DOI:

https://doi.org/10.15642/joies.2023.8.1.97-122

Keywords:

Metode ummi, Pembelajaran, Al-Qur'an

Abstract

Al-Qur'an merupakan pedoman kehidupan bagi setiap umat manusia yang di dalamnya berisi penjelasan tentang bagaimana memperoleh jalan yang benar yang diridhoi Allah SWT. Dan membaca serta mempelajarinya merupakan suatu kewajiban bagi setiap umat islam. Membaca al-Quran harus dilakukan dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah tajwid. Karena itu, seorang pengajar atau guru hendaknya memilih metode pembelajaran yang mudah dan menyenangkan pada saat proses pembelajaran berlangsung, salah satunya dengan metode Ummi. Metode Ummi menyajikan pembejalaran al-Qur’an yang mudah, menyenangkan dan menyentuh hati demi terciptanya Generasi Qur’ani, yakni generasi yang mencintai dan dicintai al-Qur’an. Artikel ini untuk menjawab apakah Metode Ummi dapat membantu meningkatkan kefasihan anak dalam membaca dan melafalkan al-Qur'an. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Artikel ini menunjukkan bahwa penerapan Metode Ummi membantu meningkatkan minat dan kefasihan anak dalam membaca dan melafalkan Al-Qur'an. Thesis Statement ini sama dengan Fika Mahrizki, dkk. (2022), Naufal Azhari (2019), M. Malikah (2018) dan tidak sama dengan AM. Nihayati (2023), Olga Novita, dkk. (2019).

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Harahap, Sri Belia. Strategi Penerapan Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an. Surabaya: Skopindo Media Pustaka, 2020.

Hasunah Ummi. dan Alik Roichatul Jannah, “Implementasi Metode Ummi dalam Pembelajaran al-Qur’an pada Santri di Pondok Pesantren Salafiyah al-Mahfudz Seblak Jombang,” Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 1. No. 2. Desember, 2017.

Herman, Novita T dan Anita Rakhman. “Penerapan Metode Ummi Dalam Meningkatkan Ke Mampuan Membaca Al Quran Anak Usia 5-6 Tahun.” Jurnal Ceria. Vol. 4, No. 5. September, 2021.

Hernawan, Didik. dan Muthoifin. “Penerapan Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Quran.” Profetika: Jurnal Studi Islam. Vol. 19. No. 1. Juni, 2018.

Ma’mun, Muhammad Aman. “Kajian Pembelajaran Baca Tulis al-Qur’an.” Annaba: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 4. No. 1. Maret, 2018.

Nobisa Junaidin dan Usman. “Penggunaan Metode Ummi dalam Pembelajaran al-Qur’an.” al-Fikrah: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman. Vol. 4. No. 1. Juni, 2021.

Nurfaizah, Enik. “Implementasi Metode Ummi Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Di SD Islam Integral Luqman Al-Hakim Batam,” Ta’diban: Journal of Islamic Education. Vol. 1. No. 1. Juli-Desember, 2020.

Ummi Foundation, https://ummifoundation.org/, diakses pada tanggal 30 Oktober 2023.

Windiawati, Euis. “Penerapan Metode Ummi Dalam Meningkatkan Pembelajaran Al-Quran Di Tpa Al-Ikhlas Jati Bening Pasuruhan Lampung Selatan.” Tesis – UIN Raden Intan, Lampung, 2020.

Zulkarnain. “Pembelajaran al-Qur’an Melalui Metode Ummi.” Inteligensia: Jurnal Study Keislaman. Vol. 9. No. 2. September, 2021

Downloads

Published

2023-06-06

How to Cite

Fajria, Lalita Ni’mal. “Analisis Literatur Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an”. JOIES (Journal of Islamic Education Studies) 8, no. 1 (June 6, 2023): 97–122. Accessed February 26, 2024. https://jurnalpps.uinsby.ac.id/index.php/joies/article/view/482.

Issue

Section

Articles