Optimasi Strategi Kolaborasi dalam Mengatasi Tantangan Tugas Kelompok Social Loafing Mahasiswa

Authors

  • Farihatil Fitriyah Pondok Pesantren TARETAN

DOI:

https://doi.org/10.15642/joies.2023.8.1.25-59

Keywords:

Strategi kolaborasi, tugas kelompok, social loafing

Abstract

Penelitian ini perlu dikaji lebih mendalam untuk menginvestigasi adanya tantangan dalam tugas kelompok social loafing mahasiswa. Faktor penghambat yang berasal dari dalam diri mahasiswa yaitu karena kurangnya pemahaman tugas dan materi yang diberikan oleh dosen sehingga malas untuk mengerjakan, sikap malas yang juga menjadi penghambat mahasiswa untuk mengerjakan tugas kelompok karena sibuk dengan hiburan. Sedangkan faktor penghambat yang berasal dari luar diri mahasiswa salah satunya yaitu karena pengaruh lingkungan baik dari teman ataupun keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan strategi kolaborasi dalam menghadapi tantangan tugas kelompok agar semua mahasiswa aktif mengerjakan. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan studi kepustakaan. Artikel ini berargumentasi bahwa dengan adanya tugas kelompok dapat membuat mahasiswa lalai mengerjakan tugas sebagai tanggung jawabnya. Dalam tugas kelompok mahasiswa lebih cenderung mengandalkan temannya yang pintar dalam mengerjakan tugasnya. Thesis statement ini sama dengan pendapat Mello, Sudjana, Fitri dan Kusumaningtyas. Thesis statement ini tidak sama dengan pendapat  Gordon, Prayitno, dan Jhonson.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, Ivan Muhammad, Rita Susanti, and Rawdhatul Fitri Yunis. “Psychometric Properties and Structure of Social Loafing Scale on Undergraduate Student.” Jurnal Psikologi 15, no. 2 (2019): 141–47.

Amanuloh, Fariz. “PERBEDAAN SOCIAL LOAFING DITINJAU DARI JENIS KELAMIN DAN LAMA KERJA PADA KARYAWAN UD JIBAY MELATI TEGAL DIFFERENCES.” PSIMPHON 2, no. 1 (2021): 6.

Aminah, Siti. “FENOMENA SOCIAL LOAFING DALAM PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA BINAAN PMI: Studi Fenomenologi Dalam Praktek Pengembangan Masyarakat.” Jurnal Pemberdayaan Masyarakat: Media Pemikiran Dan Dakwah Pembangunan 1, no. 1 (2017): 141.

Apriono, Djoko. “Collaborative Learning: A Foundation for Building Togetherness and Skills.” Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 17, no. 1 (2013): 292–304.

Arni. “Implementasi Ruqyah Syar’iyah Sebagai Alternatif Psikoterapi Dalam Kajian Psikologi Islam.” Jurnal Studia Insania 9, no. 1 (2021): 1.

Asrori, M, and Yuline Yuline. “PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KERJASAMA DALAM TUGAS KELOMPOK SISWA KELAS VIII SMPN 6 PONTIANAK.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) 9, no. 3 (n.d.).

Aulia, Hilya, and Gazi Saloom. “Pengaruh Kohesivitas Kelompok Dan Self Efficacy Terhadap Social Loafing Pada Anggota Organisasi Kedaerahan Di Lingkungan Uin Syarif Hidayatullah Jakarta.” TAZKIYA: Journal of Psychology 1, no. 1 (2019): 79–88.

Ayu Wulandari, Chrismonika, Rita Rahmaniati, and Nurul Hikmah Kartini. “Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Dan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament.” Pedagogik: Jurnal Pendidikan 16, no. 1 (2021): 1–11.

Basuki, Kasih Haryo, and Muhamad Farhan. “Kontribusi Berpikir Fleksibilitas Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis.” Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, no. 9 (2023): 135–42.

Bestari MP, Dinda Rutri Ayang, Siska Oktari, and Rozi Sastra Purna. “Perilaku Social Loafing Mahasiswa Dalam Mengerjaan Tugas Kelompok Melalui Sistem Daring.” Jurnal Psikologi Tabularasa 17, no. 1 (2022): 1–10.

Dorisman, Asri, Adji Suradji, and Ramadhani Setiawan. “PENANGGULANGAN KECELAKAAN LALU LINTAS COLLABORATION BETWEEN STAKEHOLDERS IN TRAFFIC ACCIDENT MANAGEMENT Ada Hasil Atau Perubahan Yang Signifikan.” Jurnal Ilmu Administrasi Negara 19, no. 1 (2021): 70–83.

Fadhlurrahman, Farid, and Asep Nursangaji. “Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Dikaji.” Jurnal AlphaEuclidEdu 4, no. 1 (2023): 137–52.

Fajrin, Nurcholifah, and Abdurrohim Abdurrohim. “Hubungan Antara Kohesivitas Kelompok Dan Efikasi Diri Dengan Kemalasan Sosial Pada Anggota Organisasi.” Proyeksi 13, no. 2

Fauziddin, Mohammad. “Peningkatan Kemampuan Kerja Sama Melalui Kegiatan Kerja Kelompok Pada Anak Kelompok A TK Kartika Salo Kabupaten Kampar.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2, no. 1 (2016): 29–45.

Fitriana, Herlina, and Gazi Saloom. “Prediktor Social Loafing Dalam Konteks Pengerjaan Tugas Kelompok Pada Mahasiswa.” INSAN Jurnal Psikologi Dan Kesehatan Mental 3, no. 1 (2018): 13.

Fitriani, Pipit Eka, Regina Aulia Uriemanda, Resty Widiastuti, Iwan Ridwan Yusup, and Milla Listiwati. “Perbandingan Penugasan Kelompok Dan Individu Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Genetika Mahasiswa Pendidikan Biologi Semester 6B.” Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan 4, no. 1 (2020): 21–25.

Ginanjar, Adhitya. “Strategi Kolaborasi Branchless Bank Syariah Di Tengah Persaingan Dan Perubahan Teknologi.” Tauhidinomics 1, no. 2 (2015): 199–209.

Harahap, Rani Aprilia, and Devi Rusli. “Pengaruh Faktor Kepribadian Terhadap Social Loafing Pada Mahasiswa.” Jurnal Riset Psikologi 2019, no. 3 (2019): 1–11.

Hasugian, Leonardi. “PERENCANAAN STRATEGI KOLABORASI UNIVERSITAS UNTUK MENGOPTIMALKAN KERJA SAMA U2U.” Jurnal Teknologi Dan Informasi 6, no. 1 (March 1, 2016).

Iqbal, Muhamad, Aulia Rosa Budimulyaningtyas, Risti Aprilia, and Fitria Khairum Nisa. “Analisis Faktor Penghambat Pengambilan Keputusan Dalam Diskusi Kelompok Belajar Secara Daring.” Mozaik Komunikasi 3, no. 2 (2022): 17–25.

Jainef, Agnes, Anggelina Ruitan, Ni Wayan Suriani, and Anneke Tienneke. “Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa Dalam Pembelajaran Eksploratif Fenomena Lokal Dan Global Mengenai Radiasi Cahaya Matahari Dan Suhu.” JOURNAL ON TEACHER EDUCATION 4, no. 4 (2023): 419–30.

Kinanti, Prodika Mutiara, and Ane Titisemita. “Kohesivitas Dengan Kemalasan Sosial Dalam Belajar Kelompok Pada Siswa Kelas XI IPA Di MAN 1 Padang.” Jurnal Perspektif Psikologi Indonsesia 1, no. 1 (2023): 16–21.

Lestari.S, Dwi Vita. “Efektivitas Manajemen Konflik Dalam Mengatasi Masalah Pada Bank Syariah Mandiri Pekanbaru Cabang Tuanku Tambusai.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 6, no. 2 (2020): 359.

Mulyadi, Mohammad. “Riset Desain Dalam Metodologi Penelitian.” Jurnal Studi Komunikasi Dan Media 16, no. 1 (2012): 71. https://doi.org/10.31445/jskm.2012.160106.

Nadhiroh, Putri Siti, and Novi Trilisiana. “Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa Teknologi Pendidikan Dalam Mata Kuliah Kewirausahaan Berbasis Proyek.” Jurnal Epistema 1, no. 1 (2020): 23–30.

Novarlia, Irena. “Kompromi Sebagai Kunci Budaya Demokrasi.” SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal 2, no. 2 (2016): 194–202.

Nuroniyah, Siti. “Pengembangan Instrumen Pengukuran Sikap Tanggung Jawab Siswa Madrasah Aliyah.” Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan 6, no. 2 SE-Artikel (September 7, 2018): 134–41.

Paksi, Elvia Wulan Heksa, Ria Okfrima, and Rina Mariana. “Hubungan Antara Kohesivitas Dan Motivasi Berprestasi Dengan Kemalasan Sosial (Social Loafing) Pada Mahasiswa Jurusan Psikologi Universitas Negeri Padang.” Psyche 165 Journal 13, no. 1 (2020): 53–59.

Pradipta, Andra Ryos, and Edy Raharja. “Menguak Fenomena Social Loafing Di Kalangan Mahasiswa Yang Patah Hati.” Diponegoro Journal of Management 11, no. 5 (2022): 343–54.

Pratama, Kardila Desta, and Farah Aulia. “Faktor-Faktor Yang Berperan Dalam Pemalasan Sosial (Social Loafing): Sebuah Kajian Literatur.” Jurnal Pendidikan Tambusai 4, no. 2 (2020): 1460–68.

Purba, Regina A S, and Rika Eliana. “Hubungan Self-Efficacy Dan Social Loafing Tendency Pada Mahasiswa.” Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA) 1, no. 1 (2018): 258–63.

Ramdani, Ramdani, Ade Parlaungan Nasution, Peni Ramanda, Dony Darma Sagita, and Ahmad Yanizon. “Strategi Kolaboratif Dalam Manajemen Pelayanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah.” Educational Guidance and Counseling Development Journal 3, no. 1 (2020): 1–7.

Sagita, Agit, Encep Wahyudin, Letty Latiefah, and Rifky Muhammad Ramdhan. “Strategi Membangun Kolaborasi Dalam Penelitian Tindakan Kelas.” Jurnal Kreativitas Mahasiswa 1, no. 1 (2023): 48–56.

Sari, Afna Fitria. “ETIKA KOMUNIKASI: Menanamkan Pemahaman Etika Komunikasi Kepada Mahasiswa.” TANJAK : Journal of Education and Teaching 1, no. 2 SE-Articles (August 11, 2020): 127–35. https://doi.org/10.35961/tanjak.v1i2.152.

Sari, Astari Clara, Rini Hartina, Reski Awalia, Hana Irianti, and Nurul Ainun. “Komunikasi Dan Media Sosial.” Jurnal The Messenger 3, no. 2 (2018): 69.

Sari, Yusni. “Peningkatan Kerjasama Di Sekolah Dasar.” Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 1, no. 1 (2020): 307–461.

Setiyani, Sri Wiranti. “MEMBANGUN KERJA SAMA TIM (KELOMPOK).” JURNAL STIE SEMARANG, 4, no. 3 (2012): 50–57.

Setyawan, Muhammad Saputra, Neka Erlyani, and Santia Dewi. “Peranan Social Loafing Terhadap Perilaku Prososial Buruh Perusahaan Air Mineral X the Role of Social Loafing Towards Prosocial Behavior in Employees Of.” Ecopsy 3, no. 3 (2016): 127–32.

Sihotang, Nurjelita, A Muri Yusuf, and Daharnis Daharnis. “Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Pencapaian Tugas Perkembangan Remaja Awal Dalam Aspek Kemandirian Emosional (Studi Eksperimen Di SMP Frater Padang).” Konselor 2, no. 4 (2016): 186–92.

Sugianti, Rosita, Rismawati Rismawati, and Endi Suhendi. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Siswa Dengan Menggunakan Model Koopratif Tipe Team Assisted Individualization (TAI).” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6, no. 7 (2023): 4566–71. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2320.

Sutanto, Stephanie, and Ermida Simanjuntak. “Intensi Social Loafing Pada Tugas Kelompok Ditinjau Dari Adversity Quotient Pada Mahasiswa.” EXPERIENTIA: Jurnal Psikologi Indonesia 3, no. 1 (2015): 33–46.

Suyedi, Sherly Septia, and Yenni Idrus. “Hambatan-Hambatan Belajar Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Mahasiswa Dalam Pembelajaran Mata Kuliah Dasar Desain Jurusan Ikk Fpp Unp.” Gorga : Jurnal Seni Rupa 8, no. 1 (2019): 120.

Trianggono, Mochammad Maulana. “Analisis Kausalitas Pemahaman Konsep Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pemecahan Masalah Fisika.” Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK) 3, no. 1 (2017): 1.

Triyani, Eva, A Busyairi, and Isa Ansori. “Penanaman Sikap Tanggung Jawab Melalui Pembiasaan Apel Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Kelas Iii.” Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar 10, no. 2 (2020): 150–54.

Umar, Lulus Mufarikhah, and Mochamad Nursalim. “Studi Kepustakaan Tentang Dampak Wabah Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Pada Siswa Sekolah Dasar (SD).” Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya 11, no. 4 (2020).

Wahyuni, Fifi. “Hubungan Antara Kohesivitas Kelompok Dengan Social Loafing Pada Tugas Kelompok Yang Dilakukan Mahasiswa Universitas Negeri Padang.” Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development 4, no. 3 (2022): 194–200.

Widyastuti, Tri. “Pengaruh Komunikasi Asertif Terhadap Pengelolaan Konflik.” Jurnal Sekeretari Dan Manajemen 1, no. 1 (2017): 1–7.

Downloads

Published

2023-06-06

How to Cite

Fitriyah, Farihatil. “Optimasi Strategi Kolaborasi Dalam Mengatasi Tantangan Tugas Kelompok Social Loafing Mahasiswa”. JOIES (Journal of Islamic Education Studies) 8, no. 1 (June 6, 2023): 25–59. Accessed February 26, 2024. https://jurnalpps.uinsby.ac.id/index.php/joies/article/view/490.

Issue

Section

Articles