Analisis Pengoptimalisasian Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca Siswa

Authors

  • Nur Hidayah Firdaus Sa'arani Sekolah Menengah Akhir Negeri 2 Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.15642/joies.2023.8.1.123-142

Keywords:

minat, alzheimer, baca

Abstract

Penelitian ini menarik untuk diteliti karena berfokus mengamati perilaku siswa yang bersifat dinamis dan kontekstual terhadap minat membacanya. Gerakan Literasi Sekolah Merupakan salah satu program pemerintah yang berupaya untuk menumbuhkan budi pekerti dan minat baca siswa melalui kebiasaan membaca 15 menit. Bagaimana strategi agar minat baca siswa meningkat dan terhindar dari penyakit alzheimer. Artikel ini ditulis untuk menjawab strategi yang akan digunakan agar minat baca siswa meningkat yaitu dengan menerapkan gerakan literasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi gerakan literasi sekolah. Untuk menjawab pertanyaan penelitian di atas penulis akan menggunakan jenis penelitian studi literatur. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder, Metode pengumpulan datu adalah studi pustaka. Data yang diperoleh dikompolasi, dianalisis, dan disimpulkan sehingga mendapatkan kesimpulan mengenai studi literatur. dengan cara penelitian literature. Thesis statement artikel ini adalah semakin sering membaca maka akan mencegah penyakit alzheimer atau pikun. Thesis statement ini sama dengan Alexandra Sifferlin dan Iwan Supriyatna. Dan tidak sama dengan Isma Zulhaini. Hasil penelitian menunjukkan implementasi program literasi dilakukan dengan tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Bentuk-bentuk kegiatan literasinya terdiri dari 30 menit kegiatan literasi sebelum pembelajaran, pojok baca, kunjungan perpustakaan, dan kegiatan literasi di luar kelas (my school my adventure). Selain itu, program literasi tersebut berimplikasi pada peningkatan minat baca, kemampuan berpikir kritis, dan pembentukan karakter siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anisa, A. R., A. A. Ipungkarti, D., & K. N. Saffanah. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi Serta Kemampuan Dalam Berpikir Kritis Yang Masih Rendah Dalam Pendidikan di Indonesia. 1st National Conference on Education, System and Technology Information, 01(01), 1– 4.

Anjani, S., Dantes, N., & Artawan, G. (2019). Pengaruh Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Gugus Kuta Utara. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 74–83.

Apriliani, S. P., & Radia, E. H. (2020). “Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar” Jurnal Basicedu, 4(4). http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/492.

Dewi, I A, I Putu Oka Suardana, I. W. N. (2021). PENGEMBANGAN BAHAN BACAAN LITERASI KELAS RENDAH DENGAN MEMANFAATKAN CERITA FOLKLOR BALI. Jurnal Elementary, 4(1), 53–59.

Elendiana, M. (2020). “Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar” Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2(1). http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/572.

Etnanta, Y., & Irhandayaningsih, A. (2017). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Minat Baca Siswa Sma Negeri 1 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(1), 371–380. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23095

Faizah, D. U. (2016). Panduan gerakan literasi sekolah di sekolah dasar. di sekolah dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud RI.

Nabila Syafitri, Y. (2022). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa. JURNAL BASICEDU , 1-5.

Downloads

Published

2023-06-06

How to Cite

Sa’arani, Nur Hidayah Firdaus. “Analisis Pengoptimalisasian Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa”. JOIES (Journal of Islamic Education Studies) 8, no. 1 (June 6, 2023): 123–142. Accessed February 26, 2024. https://jurnalpps.uinsby.ac.id/index.php/joies/article/view/510.

Issue

Section

Articles