Dinamika Metode Pembelajaran Berbasis Project Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa

Authors

  • Auliya Nabila MA BILINGUAL

DOI:

https://doi.org/10.15642/joies.2023.8.1.21-34

Keywords:

Meode pjbl, Kreativitas siswa

Abstract

Penelitian ini mendalamkan analisis terhadap dinamika metode pembelajaran berbasis proyek dengan fokus pada pertanyaan apakah metode ini selalu meningkatkan kreativitas siswa. Kami menyelidiki sejumlah variabel yang dapat memengaruhi keberhasilan metode pembelajaran ini dalam menggalakkan kreativitas siswa, seperti pendekatan pengajaran, tingkat motivasi siswa, dan dukungan yang diberikan oleh instruktur. salah satu sebabnya adalah dengan adanya belajar berkelompok secara terus menerus siswa yang aktif akan menjadi aktif sedangkan siswa yang introvert akan semakin tertekan dan tertutup. Hal ini didukung dengan ungkapan mia dkk, menurut Almulla Bekerja secara berkelompok secara terus menerus memungkinkan hilangnya rasa percaya diri dalam belajar mandiri karena kurangnya pengalaman individu. Penelitian ini nantinya akan menggunakan metode Kualitatif dengan melibatkan pendekatan deskriptif yang mendalam untuk memahami bagaimana metode pembelajaran berbasis proyek memengaruhi kreativitas siswa.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sementara metode pembelajaran berbasis proyek dapat berpotensi untuk meningkatkan kreativitas siswa, faktor-faktor tertentu dapat menghambat pencapaian tujuan ini. Temuan ini memberikan wawasan penting tentang kendala yang mungkin dihadapi dalam menerapkan metode ini dan memperkuat perlunya strategi dan dukungan yang sesuai untuk memaksimalkan dampak positifnya pada kreativitas siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Syarif. Vol 10, No 2 (2021). Jurnal Pendidikan kimia UNS.

Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Wena. (2010). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara

Amrulloh, M. (2019). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Model Project Based Learning Di SMA Al Ahmad Krian Sidoarjo.

Putri Dewi. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Volume 9, Nomor 2.

Djamarah, S. B. & Zain, A. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Sardiman. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sudjana, N. (2004). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algessindo.

Mulyasa. (2002). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Startegi dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Depok: Raja Grafindo Persada.

Holt, J. (2010). Mengapa Siswa Gagal. Jakarta: Erlangga.

Sahtoni. (2017). Implementation of Student's Worksheet Based on Project Based Learning (PjBL) to Foster Student's Creativity. Internatonal Journal of Science and Applied Science, 2(1), 329-337.

Zakiyah, I. (2019). Implementasion of PjBL Model to Increased Creativity and Self-Reliance of Student on Poetry Wriring Skills. Journal of Primary Education, 8(1), 51-58.

Furi, L. M. I. (2018). Eksperimen Model Pembelajaran Project Based Learning dan Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa pada Kompetensi Dasar Teknologi Pengolahan Susu. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 49-60.

Herawan, E. (2016). Pengaruh Aktivitas Belajar Siswa dalam Penerapan Model Project Based Learning Berbasis Saintifik terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Akuntansi. Edunomic, 4(1), 18-29.

Downloads

Published

2023-06-06

How to Cite

Nabila, Auliya. “Dinamika Metode Pembelajaran Berbasis Project Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa”. JOIES (Journal of Islamic Education Studies) 8, no. 1 (June 6, 2023): 21–34. Accessed February 26, 2024. https://jurnalpps.uinsby.ac.id/index.php/joies/article/view/472.

Issue

Section

Articles