Analisis Pemberian Penguatan (Reinforcement) Terhadap Disiplin Belajar Siswa

Authors

  • Rahma Zabrina Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Buduran

Keywords:

disiplin belajar, pembelajaran, penguatan (reinforcement)

Abstract

Pemberian penguatan positif harus diberikan sesuai dengan perilaku yang dimunculkan oleh peserta didik. Adapun beberapa tujuan pemberian penguatan yaitu dapat meningkatkan perhatian peserta didik dalam proses pembelajaran, memelihara dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik serta mengendalikan dan memodifikasi tingkah laku siswa yang kurang positif. Namun kenyataannya, masih adanya peserta didik yang tidak disiplin dalam pembelajaran. Serta Kurangnya kesadaran peserta didik untuk mematuhi peraturan yang berlaku sehingga peserta didik belum memiliki kesadaran untuk memiliki sikap disiplin belajar dan terkadang menciptakan suasa kelas yang kurang kondusif. Artikel ini ditulis untuk menjawab apakah pemberian penguatan (reinforcement) berpengaruh terhadap disiplin belajar. Untuk menjawab pertanyaan penelitian, penulis menggunakan jenis metode kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan. Artikel ini menunjukkan bahwa pemberian penguatan (reinforcement) negatif lebih dapat meningkatkan disiplin belajar siswa dibanding dengan penguatan positif. Thesis statement ini sama dengan Sandy Yulianti dkk, Mar Atus Sholichah dkk dan Elsye Jesti dkk. Dan menolak thesis statement dari Laila Hidayah, Nurhikmah, Chaeruni Rezki Syarifuddin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmadi. Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish, 2017.

Efendi, Rinja, and Delita Gustriani. Manajemen Kelas Di Sekolah Dasar. Pasuruan: Qiara Media, 2020.

Fitriani, Abd Samad, and Khaeruddin. “Penerapan Teknik Pemberian Reinforcement (Penguatan) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Peserta Didik Kelas VIII.A SMP PGRI Bajeng Kabupaten Gowa.” Jurnal Pendidikan Fisika Unismuh 2, no. 3 (2014): 192–202.

Husin, Rizka Hidayah. “Pengaruh Pemberian Penguatan (Reinforcement) Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Materi Cahayasiswa Kelas Iv Sd It Nur Ihsan Medan.” Jurnal Ilmiah Kaputama (JIKA) 5, no. 1 (2021): 19–24. https://jurnal.kaputama.ac.id/index.php/JIKA/article/view/495.

Jadidah, Azi. “Pengaruh Reinforcement Terhadap Motivasi Belajar.” Tim Pengembang MBS (2018): 14–60. http://mbscenter.or.id/site/page/id/452/page_action/viewdetail.

Maqsudi, Muhammad. “PENGARUH REINFORCEMENT TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 05 BALIKPAPAN” 7, no. 2 (2023): 90–101.

Silvia Citra Linda dan Hadiyanto. “Jurnal Basicedu.” Jurnal basicedu 3, no. 2 (2019): 524–532.

Susanto, Ahmad. Bimbingan Konseling Di Sekolah (Konsep, Teori Dan Aplikasinya). Jakarta: Prenadamedia Group, 2018.

Yudha, Rahmat Putra. Motivasi Berprestasi Dan Disiplin Peserta Didik Serta Hubungannya Dengan Hasil Belajar. Pontianak: Yudha english Gallery, 2018.

Zahra, Nabila Az. “ANALISIS PENGUATAN ( REINFORCEMENT ) DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA PADA PEMBANGUNAN UIN JAKARTA Oleh Nabila Az Zahra UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA.” Skripsi (2020). Penguatan (Reinforcement), Kedisiplinan, Pembelajaran Tematik.

Downloads

Published

2024-02-12

How to Cite

Zabrina, Rahma. “Analisis Pemberian Penguatan (Reinforcement) Terhadap Disiplin Belajar Siswa”. JOIES (Journal of Islamic Education Studies) 8, no. 1 (February 12, 2024): 77–96. Accessed February 26, 2024. https://jurnalpps.uinsby.ac.id/index.php/joies/article/view/480.

Issue

Section

Articles