Upaya Peran Orang tua dalam Membentuk Perkembangan Emosional Pada Anak Pra-sekolah

Authors

  • Nabila Aulia Az zahra Sekolah Menengah Atas NU 1 Gresik

DOI:

https://doi.org/10.15642/joies.2023.8.2.217-231

Keywords:

Peran Orang Tua, Kecerdasan Emosional, Anak Usia Dini

Abstract

Peran orang tua menjadi suatu hal yang penting untuk diperhatikan dalam pengembangan emosi anak usia dini. Hal tersebut dikarenakan tidak semua orang tua memahami pentingnya perkembangan emosi pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam mengembangkan kecerdasan emosi anak usia dini. Dampak penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian pendekatan deskriptif kualitatif dengan pendekatan literatur study, yang meneliti tentang fenomena sosial. Proses pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Artikel ini menunjukkan bahwa semakin besar peran orang tua dalam membentuk kepribadian dan kesejahteraan anak, akan semakin kuat dan sehat perkembangan emosional Pra-sekolah. Thesis statement ini sama dengan hasil penelitian dari Anis Sahara dan Rahmat Hidaya yang sama-sama mendukung thesis statement tersebut. Berbeda dengan hasil penelitian dari Maria Rodriguez dan Juan Martinez mereka mengemukakan bahwa penelitian ini menolak pernyataan tentang peran orang tua tidak selalu mutlak dalam memengaruhi perkembangan emosional anak.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriyani, E. M. (2021). Penggunaan Alat Permainan Edukatif Dalam mengembangkan kemampuan kognitif Anak Usia Dini Di Raudhatul Athfal Al-Hidayah. 15(2), 1–23.

Lampung, I. A. I. A. (2023). Edunomika – Vol. 07, No. 01, 2023 Hubungan Komunikasi Interpersonal Dengan Kepuasan Kerja Guru Di Madrasah Swasta Lampung. Ana Santika. 07(01).

Martsiswati, E., & Suryono, Y. (2014). Peran Orang Tua Dan Pendidik Dalam Menerapkan Perilaku Disiplin Terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 187. https://doi.org/10.21831/jppm.v1i2.2688.

Mujiyatun. (2019). Pembentukan Nilai Karakter Pancasila Melalui Pendidikan Agama Islam. In Jurnal Mubtadiin (Vol. 2, Issue 02).

Perkembangan, M., & Halus, M. (2021). 1 Edukids volume 18 (1) tahun 2021. Edukids, 18(229), 1–6.

Purnomo, H. (2013). Peran Orang Tua dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak untuk Membangun Karakter Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Parenting, 34–47.

Rahmasari, L. (2012). Pengaruh Kecerdasan Intelektual , Kecerdasan Emosi dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan. Majalah Ilmiah INFORMATIKA, 3(1), 1–20.

Riyanto. (2001). Metodelogi Penelitian Pendidikan. SIC.

Sonhadji. (1996). Teknik Pengumpulan data dan Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif. Kalima Sahada.

SUGIYONO. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

SUSILOWATI, R. (2018). Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 6(1), 145. https://doi.org/10.21043/thufula.v6i1.4806.

Tusyana, E., Trengginas, R., & Studi Pascasarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, P. (2019). Analisis Perkembangan Sosial-Emosional Tercapai Siswa Usia Dasar. Jurnal Inventa Vol III.

Downloads

Published

2024-03-04

How to Cite

Az zahra, Nabila Aulia. “Upaya Peran Orang Tua Dalam Membentuk Perkembangan Emosional Pada Anak Pra-Sekolah”. JOIES (Journal of Islamic Education Studies) 8, no. 2 (March 4, 2024): 217–231. Accessed May 1, 2024. https://jurnalpps.uinsby.ac.id/index.php/joies/article/view/491.

Issue

Section

Articles