Upaya Guru Pendidikan Islam Dalam mengatasi Kesulitan membaca Al Qur’an Pada Siswa Mi NU Bahrul Ulum

Authors

  • Dita Arfi Anatur Rohma Madrasah Aliyah Negeri 2 LAMONGAN

DOI:

https://doi.org/10.15642/joies.2023.8.2.142-157

Keywords:

Upaya guru, Kesulitan, Menghafal

Abstract

Seringkali banyak ditemui dikalangan sekolah banyak siswa yang belum bisa membaca al qur’an dan belum mengetahui sama sekali huruf hijaiyah, pasalnya hal ini menjadi penting untuk segera diatasi, karena semakin banyak siswa yang tidak bisa membaca al qur’an, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an di mi nu bahrul ulum dan mengetahui apa faktor penghambat dan faktor pendukung dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an di MI nu Bahrul ulum. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang dilakukan dengan wawancara dan obsrvasi, sehingga artikel ini berargumen bahwa Semakin kurangnya perhatian orang tua kepada anaknya dalam pembelajaran al qur’an semakin tidak mampu membaca al qur’an. Thesis ini mendukung pendapat siti fadjryana fitrah(2018), slameto (2003). Dan tidak didukung Bimo Walgito(1995)

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arief, Miftah. Pendidikan pengembangan diri melalui pembiassaan (Potimalisasi pendidikan pembiasaan dan psikologi perkembangan). Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi, 2020.

Anonim, 2017, Https/Kbbi.Web.Id/Upaya. 5 Juli 2019. Jam 12.46 WIB

Asy-Syilasyabi, Abu Yahya. 2007. Cara Mudah Membaca Al-Qur’an Sesuai Kaidah Tajwid. Yogyakarta: Daar Ibn Hazm.

Daradjat, Zakiah. 2004. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Departemen Pendidikan, 2003, Nasional, Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Pendidikan Agama Islam Dan Sekolah Menengah Atas Dan Madrasah Aliyah, Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas

Djalaludin.1988,Metode tunjuk silang belajar membaca al qur’an,Jakarta:Kalam Mulia

Gunawan, Arif, Rahasia Sukses Mengajar BUKU Iqro‟ Yang Mudan dan Menyenangkan, Jakarta: Yayasan Waqaf Madan, 2009.

Istiqomah, "Pola Pembinaan Baca Tali Al-Qur'an (870) Sebagai Upaya Meningkatkan mmebaca harakat kasrah pada siswa kelas 1 SD Bitoro 4 kecamatan Demak Kab Demak’’ Skripsi Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo,Semarang 2011 hal 22.

Muhaimin, Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam, Pemberdayaan, Pengembangan Kurikulum hingga Redefinisi Islamisasi Pengetahuan, Yayasan Nuansa Cendekia, Bandung, 2003.

Muhammad Thalib, Fungsi dan Fadhilah Membaca Al Qur’an, Surakarta: Kaffah Media, 2005.

Ningsih, Dwi Yulia, ‘Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Di SMK Negeri 2 Arga Makmur’, Skripsi, 2019, 1–94

Poerdaminta, WJS. 2001. Pengantar Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, edisi 3.

Ramayulis, 2005.Metodologi Pendidikan Agama Islam. Cet. IV; Jakarta: Kalam Mulia.

Salim Peter dan Salim Yeni, 1992.Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Modern English Press

Sopiatin dkk, 2011 Psikologi Belajar dalam Perspektif Islam,Bogor: Ghalia Indonesia.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). bandung: alfabeta.

Zuhdi Masfuk, Pengantar Ulumul Qur’an, Surabaya : Karya Aditama. 1997.

Downloads

Published

2024-03-04

How to Cite

Anatur Rohma, Dita Arfi. “Upaya Guru Pendidikan Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al Qur’an Pada Siswa Mi NU Bahrul Ulum”. JOIES (Journal of Islamic Education Studies) 8, no. 2 (March 4, 2024): 142–157. Accessed April 22, 2024. https://jurnalpps.uinsby.ac.id/index.php/joies/article/view/499.

Issue

Section

Articles