Analisis Media Pembelajaran PAI Kelas X dalam Meningkatkan Hasil Belajar di MAN 1 Surabaya

Authors

  • M. Ishom Fahmi Ayatillah MADRASAH ALIYAH SWASTA UNGGULAN DARUL'ULUM REJOSO PETERONGAN JOMBANG

DOI:

https://doi.org/10.15642/joies.2023.8.2.198-216

Keywords:

Media Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Belajar

Abstract

Dalam penelitian ini menjawab dari permasalahan tentang media pembelajaran dimana hal tersebut mempunyai dampak positif dalam meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran, Namun, temuan juga mengindikasikan bahwa masih diperlukan peningkatan dalam penggunaan media pembelajaran PAI untuk mengoptimalkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan mengumpulkan data, melalui observasi, wawanvara, dan analisis dokumen. Artikel ini menunjukkan bahwa semakin kreatif guru menggunakan media pembelajaran PAI semakin mudah juga peserta didik dalam menerima pembelajaran. Thesis statement ini sama dengan Agus setiawan, Mokhsin kaliky dkk, Yolanda febrita dkk. Dan adapula thesis statement yang menolak M. Yusuf Amin Nugroho. Dengan adanya penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran PAI memfasilitasi pemahaman yang lebih baik tentang konsep-konsep agama Islam dan memungkinkan pembelajaran yang lebih interaktif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan yang berguna bagi guru dan sekolah dalam mengembangkan strategi penggunaan media pembelajaran PAI yang lebih efektif dalam konteks pendidikan di MAN 1 Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Jalmur, Nizwardi. Media dan Sumber Pembelajaran. Kencana, 2016.

M.Pd, Cecep Kustandi, and Dr Daddy Darmawan M.Si. Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyrakat. Prenada Media, 2020.

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (Jakarta: Prenada Media, 2011)

Pd, Anggit Grahito Wicaksono, S. Pd , M. Belajar dan Pembelajaran Konsep Dasar, Teori, dan Implementasinya. Unisri Press, 2020.

Sumiharsono, Rudy, and Hisbiyatul Hasanah. Media Pembelajaran: Buku Bacaan Wajib Dosen, Guru dan Calon Pendidik. Pustaka Abadi, 2017.

Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar (Bandung: Bumi Aksara,2006)

Nana Sudjana, dan Ahmad Rivai, Media Pengajaran (Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2011)

Daryanto, Evaluasi Pendidikan (Jakarta:Rineka Cipta, 2007

Tahun 2021, Septy Nurfadhillah, M. Pd dan 4A Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Tangerang. MEDIA PEMBELAJARAN Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. CV Jejak (Jejak Publisher), 2021.

Downloads

Published

2024-03-04

How to Cite

Fahmi Ayatillah, M. Ishom. “Analisis Media Pembelajaran PAI Kelas X Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Di MAN 1 Surabaya”. JOIES (Journal of Islamic Education Studies) 8, no. 2 (March 4, 2024): 198–216. Accessed April 22, 2024. https://jurnalpps.uinsby.ac.id/index.php/joies/article/view/500.

Issue

Section

Articles