Upaya Penanaman Penggunaan Media Sosial dalam Melindungi Anak-Anak dari Dampak Negatif Media Sosial

Authors

  • Nisfa Lailatul 'Izza Madrasah Aliyah Negeri 1 Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.15642/joies.2023.8.2.232-254

Keywords:

Penanaman, Penggunaan Media, Media Sosial

Abstract

Kehadiran media sosial dalam kehidupan masyarakat sangat memberikan dampak positif yang signifikan. Namun, di sisi lain media sosial ini memberikan dampak negatif yang dapat merusak peradaban manusia dengan hadirnya berbagai konten-konten yang tidak sepatutnya. Permasalahan yang harus diantisipasi adalah bagaimana dengan anak usia dini yang sudah diajarkan menggunakan gadget yang didalamnya terdapat fitur-fitur yang merangsang stimulasi perkembangan anak. Oleh karena itu, tujuan penulisan artikel ini adalah memberikan wacana pengetahuan kepada pembaca, akademis, dan praktisi untuk memaparkan upaya penanganan dalam penggunaan media sosial untuk melindungi anak-anak dari dampak negatif media sosial. Artikel ini ditulis untuk menjawab bagaimana upaya penanaman penggunaan media dalam melindungi anak anak dari dampak negatif media sosial. Untuk menjawab pertanyaan penelitian diatas penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan literature study. Thesis statement artikel ini adalah semakin memiliki pemahaman yang kuat tentang penggunaan media sosial semakin bijak pula anak anak dalam mengonsumsi media sosial sehingga terlindungi dari dampak negatif media sosial. Thesis statement ini sama dengan Nur Ika Fatmawatidan (2019) , Tesa Gita Rinanda (2022), dan tidak sama dengan Ahmad Sudi Pratikno. 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiya, Lailya Ika, dkk. The Role of Parents in the Use of Social Media in Early Childhood: Peran Orang Tua Terhadap Penggunaan Sosial Media Pada Anak Usia Dini. Educational and Psychological Conference. Vol.8. 2021.

Fatmawatidan Nur Ika. Ahmad Sholikin, Literasi Digital, Mendidik Anak Di Era Digital Bagi Orang Tua Milenial. Jurnal Politik dan Sosial Kemasyarakatan. Vol 1.(2). 2019.

Fuadah, Yayu Tsamrotul. Peran Orangtua Milenial dalam Penggunaan Sosial Media Pada Anak Usia Dini. Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan dan Ilmu Keislaman. Vol. 7(1). 2021.

Nur Alam. Peran Guru Bk Dalam Mengatasi Penyalahgunaan Media Sosial Pada Siswa Di Kecamatan Walenrang Utara Dan Lamasi. Jurnal Panrita. Vol. 1(1). 2020.

Rahmat Stephanus Turibius. Pola Asuh Yang Efektif Untuk Mendidik Anak Di Era Digital. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio.Vol.10(2). 2018.

Sabarin Gufran & Achmad Djunaidi. Peran Guru dan Masyarakat Sekolah Dalam Menghadapi Pengaruh Media Sosial Terkait dengan Kenakalan Remaja di SMA Negeri 1 Mauponggo. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Vol. 6(2). 2018.

Wilantik Nori. Mieke Nurmalasari. Septian Bagus Wibisono. Edukasi Penggunaan Internet Sehat, Aman dan Produktif Melalui Kelompok Majelis Taklim. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan. Vol. 19(2). 2019.

Zubir Zahriyanti & Yuhafliza. Pengaruh Media Sosial Terhadap Anak Dan Remaja. Jurnal Pendidikan Almuslim.Vol. VII (1). 2019.

Downloads

Published

2024-03-04

How to Cite

’Izza, Nisfa Lailatul. “Upaya Penanaman Penggunaan Media Sosial Dalam Melindungi Anak-Anak Dari Dampak Negatif Media Sosial”. JOIES (Journal of Islamic Education Studies) 8, no. 2 (March 4, 2024): 232–254. Accessed April 22, 2024. https://jurnalpps.uinsby.ac.id/index.php/joies/article/view/505.

Issue

Section

Articles