Fenomena Trend Out Fashion Muslimah Masa Kini Menjadi Perilaku Konsumtif di Kalangan Mahasiswi

Authors

  • Dwi Mariatul Qibtia Madrasah Aliyah Negeri 2 Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.15642/joies.2023.8.2.178-197

Keywords:

Trend Muslimah Fashion, Perilaku Konsumtif, Gaya hidup

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis fenomena Trend  Out Fashion Muslimah Masa Kini Menjadi  Perilaku Konsumtif yang terjadi pada Mahasiswi. Pada Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dimana teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode Studi Literatur . Hasil penelitian ini menunjukan bahwa semakin berkembangnya trend out fashion busana muslimah, menyebabakan timbulnya pola prilaku konsumtif dikalalngan mahasiswi. Tenis stetment ini sama halnya dengan Penelitian yang dilakukan oleh Maslatun Nisak bahwa “Gaya Hidup Konsumtif Mahasiswi Dalam Trend Fashion (Studi Kasus Mahasiswi Jurusan Manajemen Universitas Islam Lamongan”.  Namun tesis stetment ini berbalik dengan penelitia yang dilakukan oleh Husainatul Jazilah bahwa “Online Shop dan Tren Gaya Hidup Shopaholic di Kalangan Mahasiswi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, M, H Nusrida, and ... 2022. “Pola Prilaku Konsumsi Muslimah Generasi Z Terhadap Produk Trend Fashion (Studi Kasus Mahasiswi Uin Imam Bonjol).” Jurnal Ekonomika Dan … 5: 52–64. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jei/article/view/21336%0Ahttps://journal.unesa.ac.id/index.php/jei/article/download/21336/9028.

Basrowi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Edited by Rinerka cipta. Jakarta.

Diwanti, Dyah Pikanthi, and Ulik Nur Budiyati. 2023. “Pengaruh Marketing Influencer, Trend Fashion Muslim, Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa.” Jurnal EMA 8 (1): 86. https://doi.org/10.51213/ema.v8i1.326.

Dola Asmita, and Erianjoni. 2019. “Perilaku Konsumtif Mahasiswi Dalam Mengikuti Trend Fashion Masa Kini (Studi Kasus Mahasiswi Sosiologi FIS UNP.” Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi Dan Pendidikan Vol. 2 No. 2 Tahun 2019 2. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24036/perspektif.v2i2.66.

Fatmawati, Noor. 2020. “Gaya Hidup Mahasiswa Akibat Adanya Online Shop.” Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial 29 (1): 29–38. https://doi.org/10.17509/jpis.v29i1.23722.

Khairat, Masnida, Nur Aisyiah Yusri, and Shanty Yuliana. 2018. “Hubungan Gaya Hidup Hedonis Dengan Perilaku Konsumtif Pada MahasiswiKhairat, M., Yusri, N. A., & Yuliana, S. (2019). Hubungan Gaya Hidup Hedonis Dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswi. Al-Qalb : Jurnal Psikologi Islam, 9(2), 130–139. Https://Doi.Org/10.” Al-Qalb : Jurnal Psikologi Islam 10 (2): 130–39.

Lestari, Devi, Rosman Ilato, and Ardiansyah Radia. 2023. “Pengaruh Kecakapan Hidup ( Life Skill ) Dan Gaya Hidup ( Life Style ) Terhadap Pola Hidup Konsumtif Mahasiswa.” JURNAL KAJIAN EKONOMI DAN BISNIS 16.

Nisak, Maslatun, and Tutik Sulistyowati. 2022. “Gaya Hidup Konsumtif Mahasiswi Dalam Trend Fashion (Studi Kasus Mahasiswi Jurusan Manajemen Universitas Islam Lamongan).” Jurnal Sosial Humaniora Terapan 4 (2): 86–96.

Sari, Fitria, and Nita Sri Handayani. 2019. “Kontrol Diri Dan Pembelian Impulsif Pakaian Pada Remaja Penggemar K-Pop.” Jurnal Psikologi 12 (2): 179–88. https://doi.org/10.35760/psi.2019.v12i2.2442.

Uno, Hamzah B. 2014. Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Cet. XI. Jakarta: Bumi Aksara.

Waani, Fonny J. 2022. “Perilaku Konsumtif Dan Kehidupan Sosial Ekonomi Mahasiswa Rantau (Studi Kasus Mahasiswa Toraja Di Universitas Sam Ratulangi Manado.” JURNAL ILMIAH SOCIETY 2 (1): 1–12.

Yogyakarta, Universitas Negeri, and Linda Rania. 2017. “The Effect of Muslim Fashion Trends on Fashion Style of Muslimah,” 1–14.

Downloads

Published

2024-03-04

How to Cite

Qibtia, Dwi Mariatul. “Fenomena Trend Out Fashion Muslimah Masa Kini Menjadi Perilaku Konsumtif Di Kalangan Mahasiswi”. JOIES (Journal of Islamic Education Studies) 8, no. 2 (March 4, 2024): 178–197. Accessed May 2, 2024. https://jurnalpps.uinsby.ac.id/index.php/joies/article/view/507.

Issue

Section

Articles