Analisis Intensitas Penggunaan Gadget terhadap Rendahnya Minat Belajar Peserta Didik Tingkat Sekolah Dasar

Authors

  • Nabila Chusna Madrasah Aliyah Negeri 1 Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.15642/joies.2023.8.1.1-24

Keywords:

Gadget, Minat Belajar, Peserta Didik

Abstract

Perkembangan teknologi memudahkan penggunanya dalam mencari atau mengakses sumber informasi terutama bagi pelajar, mereka akan mudah mendapatkan sumber materi pembelajaran dan memudahkan mereka dalam proses pembelajaran. Akan tetapi penggunaan gadget yang berlebihan dapat menimbulkan masalah dalam proses pembelajarannya. Bagaimana penggunaan gadget terhadap minat belajar peserta didik tingkat Sekolah Dasar. Dalam menjawab pertanyaan penelitian tersebut penulis akan menggunakan penelitian kualitatif, menggunakan jenis pendekatan deskriptif yaitu mendeskripsikan peristiwa atau kejadian yang terjadi selama penelitian dalam bentuk narasi atau tulisan. Thesis statement artikel ini adalah semakin sering anak-anak Sekolah Dasar bermain gadget, maka akan semakin rendah minat belajarnya. Thesis statement ini sama dengan penelitian Nikmawatin, Darwin, dan Prabu Setiawan Bakar. Yang tidak sama dengan Erika dan Anggi Maringan H. Hasil penelitian menunjukkan peserta didik tingkat Sekolah Dasar dalam penggunaan gadget akan menimbulkan pengaruh positif dan negatif dalam proses belajarnya. Karena dalam penggunaan gadget anak akan leluasa mengembangkan imajinasinya. Akan tetapi semakin sering anak menggunakan gadget akan berpengaruh negatif terhadap minat belajarnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darwin. “Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V di SDN 12 Muntei Tahun Ajaran 2022/2023” dalam Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol. 5 No. 2 h. 19 2023.

Depertemen Pendidikan Nasional. “Kamus Besar Bahasa Indonesia”. Jakarta: Balai Pustaka. 2002.

Djamarah, Syaiful Bahri. “Psikologi Belajar”. Jakarta: PT. Rineka Cipta. 2011.

Iswidharmanjaya, Derry. “Bila Si Kecil Bermain Gadget”. Jakarta: Bisakimia. 2014.

Miarso, Yusufhadi. "Menyamai Benih Teknologi Pendidikan". Jakarta: Kencana. 2004.

Nasution. "Dikdaktik Asas-asas Mengajar". Jakarta: Bumi Aksara. 2010.

Nikmawati. "Dampak Penggunaan Gadget terhadap Hasil Belajar dan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar" dalam Jurnal Edutech Undiksha. Vol. 9 No. 2 h. 254-259 2021.

Nizar, Al. “Pengaruh Intensitas Penggunaan Gadget terhadap Minat belajar siswa” dalam el-Midad: Jurnal PGMI. Vol. 11 No. 2 h. 172 2019.

Novitasari. “Dampak penggunaan gadget terhadap interaksi sosial anak Usia 5-6 tahun” dalam Jurnal PAUD Teratai. Vol.5 No. 3 h. 182-186 2021.

Nurhayati. “Psikologi Pendidikan”. Jakarta: Rineka Cipta. 2010.

Pebriana, P. H. “Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Usia Dini” dalam Jurnal Obsesi. Vol. 1 No.1 h. 1-11 2017.

Saefullah. “Psikologi Perkembangan dan Pendidikan”. Bandung: Pustaka Setia. 2012.

Syah, Muhibbin. "Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru". Bandung: Rosdakarya. 2014.

Winkel, W, S. “Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar”. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. 2004.

Downloads

Published

2023-06-06

How to Cite

Chusna, Nabila. “Analisis Intensitas Penggunaan Gadget Terhadap Rendahnya Minat Belajar Peserta Didik Tingkat Sekolah Dasar”. JOIES (Journal of Islamic Education Studies) 8, no. 1 (June 6, 2023): 1–20. Accessed May 11, 2024. https://jurnalpps.uinsby.ac.id/index.php/joies/article/view/508.

Issue

Section

Articles