Modernisasi Sistem Pendidikan Pondok Pesantren (Studi Kasus di Pesantren Qomaruddin Sampurnan Bungah Gresik)

Authors

  • Nur Maulidah Umi Faizah Yayasan Pondok Pesantren Qomaruddin Bungah

DOI:

https://doi.org/10.15642/joies.2023.8.1.35-54

Keywords:

Modernisasi, Pondok Pesantren, Pendidikan Pesantren

Abstract

Pada era yang serba modern ini pesantren dituntut memodernisasi segala aspek yang ada khusunya aspek pendidikan dengan tujuan pesantren mampu bersaing dengan lembaga lain baik secara kualitas mutu pendidikan maupun kuantitasnya. Kondisi ini terjadi pada Pondok Pesantren Qomaruddin Bungah Gresik yang merubah pola pendidikannya ke arah modern. Spesifik kajian penelitian ini tentang bagaimana pembaharuan pendidikan Pondok Pesantren Qomaruddin Bungah Gresik dan siapa pelopor modernisasi pendidikan Pondok Pesantren Qomaruddin Sampurnan Bungah Gresik. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya menggunakan studi kasus. Pegambilan datanya dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Thesis statement ini menunjukkan bahwa Pesantren akan tetap survive dan menjadi lembaga ideal sebagai kebutuhan pendidikan masyarakat bila pesantren terus bergerak maju melakukan perubahan-perubahan yang lebih baik dan sesuai zamannya. Thesis statement ini sama dengan hasil penelitian dari Abdul Aziz,, Asmaul Safitri yang sama-sama mendukung thesis statement tersebut. Berbeda dengan Mohammad Muchlis Solichin dan H. Oot A. Suhada mereka mengemukakan bahwa pesantren tradisional menolak diselenggarakannya pendidikan madrasah dan sekolah formal disebabkan oleh pandangannya akan wajibnya seorang mendalami ilmu-ilmu tentang ibadah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir, M. Menyusun Rencana Penelitian. Jakarta: Grafindo Persada, 1995.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1989.

Idris, Zahara. Jamal, Lisma. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Grasindo, 1992.

Ma’arif, Ahmad Miftahul. “Pola Integrasi Sistem Pendidikan Pesantren Salaf Dan Modern”, TESIS (2017).

Masyhud, Sulthon. Manajemen Pondok Pesantren. Jakarta: Diva Pustaka, 2004.

Moeleong, Lexi J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.

Siradj, Said Aqiel. Pesantren Masa Depan: Wacana Pemberdayaan dan Transformasi Pesantren. Bandung: Pustaka Hidayah, 1999. Cet. I.

SMA Assa’adah, “Sekilas Sejarah dan Profil Pesantren Qomaruddin Bungah Gresik”, dalam https://smadahgresik.sch.id/sekilas-sejarah-dan-profil-pesantren-qomaruddin-bungah-gresik/. Diakses pada 25 Oktober 2023.

Yayasan Pondok Pesantren Qomaruddin Sampurnan Bungah Gresik, Dua Abad Pondok Pesantren Qomaruddin Sampurnan Bungah Gresik 1775- 1989. Gresik: YPPQ Press, 1989.

Ziemek, Manfred. Pesantren Dalam Perubahan Sosial. Jakarta: P3M, 1986.

Downloads

Published

2023-06-06

How to Cite

Umi Faizah, Nur Maulidah. “Modernisasi Sistem Pendidikan Pondok Pesantren (Studi Kasus Di Pesantren Qomaruddin Sampurnan Bungah Gresik)”. JOIES (Journal of Islamic Education Studies) 8, no. 1 (June 6, 2023): 35–54. Accessed May 12, 2024. https://jurnalpps.uinsby.ac.id/index.php/joies/article/view/509.

Issue

Section

Articles